Tarif Tol Cipularang 2018

Jalan Tol Cipularang (Cikampek - Purwakarta - Padalarang) merupakan jalan tol di Indonesia yang menghubungkan kota Jakarta dan Bandung. Tol ini membentang dari Cikampek-Purwakarta sampai Padalarang sepanjang 59 km. Jalan Tol Cipularang didesain untuk mengantispasi peningkatan arus lalu lintas Jakarta Bandung.

Melalui tol ini, perjalanan Jakarta- Bandung hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit dihitung dari Pasteur-Cawang. Waktu tempuh tersebut dapat bertambah dikarenakan oleh beberapa hambatan yang terjadi di sepanjang ruas jalan tol Cipularang, misalnya kemacetan atau kontur tanah.

Jalan tol ini mulai beroperasi secara terbatas bersamaan dengan berlangsungnya KTT Asia Afrika bulan April 2005 yang berlangsung di Bandung dan diresmikan pada tanggal 13 Juli 2005

Pembangunan jalan tol Cipularang terdiri atas 2 tahap, Tahap I dimulai pada Februari 2002 sepanjang 18 km meliputi ruas Dawuan - Dangdeur (6 km) dan Padalarang-Cikamuning atau Padalarang By Pass (5,5 km). Pengerjaannya menghabiskan waktu 19 bulan atau 0,95 km per bulan, beroperasi secara resmi pada Januari 2004.

Jalan tol Cipularang tahap II sepanjang 41 km melintasi dua Kabupaten: Purwakarta dan Bandung di Propinsi Jawa Barat sesuai peta pada Gambar III.3. Dibangun pada bulan April 2004 dan selesai pada April 2005 (12 bulan) dengan empat jembatan utama, dibagi dalam dua jalur - dua lajur dengan lebar setiap lajur 3,6 meter.

Tol Cipularang mempunyai 5 Gerbang Tol yakni SS dawuan, Sadang, Jatiluhur, Cikamuning dan SS Padalarang. Khusus gerbang tol Cikamuning hanya sebagai gerbang keluar dari arah Bandung.

TARIF TOL CIPULARANG 2018
Berdasarkan Kepmen PUPR No. 97/KPTS/M/2018 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang tol cipularang mengalami penyesuaian alias naik mulai tanggal 15 Februari 2018.

Sesuai  Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2013 disebutkan bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun oleh BPJT, berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan laju inflasi di wilayah tertentu.

Tarif tol awal dihitung berdasarkan kemampuan bayar pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan, dan kelayakan investasi. Sedangkan perhitungan usulan tarif tol dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang kemudian dievaluasi oleh BPJT berdasarkan data inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) selama dua tahun terakhir.

Berikut daftar tarif tol Cipularang 2018


TARIF NOVEMBER 2015

Tarif Tol Cipularang sejak 1 November 2015 naik sesuai besaran inflasi setiap wilayah (kurang lebih 10,35%). Penyesuaian ini diatur dalam Keptusan Menteri PUPERA nomor 507/KPTS/M/2015 tentang Penyesuaian Beberapa Ruas Jalan Tol.

Tarif Jalan Tol Cipularang


0 comments:

Post a Comment