Tarif Tol Jalur Mudik Jakarta - Brebes

Mudik Lebaran dengan perjalanan darat tahun ini dibilang lebih lancar dibandingkan sebelumnya, pasalnya jalur tol dari Jakarta hingga Brebes yang merupakan bagian ruas tol Trans Jawa sudah beroperasi. Pemudik dari Jakarta bisa lewat jalan tol secara menerus hingga Brebes Timur tanpa putus.

Dihitung dari Jakarta dengan pemberangkatan Cawang atau Halim maka terdapat 5 ruas tol yang harus dilewati untuk sampai ke Brebes.
  1. Tol Jakarta - Cikampek sepanjang 73 Km
  2. Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) sepanjang 116 Km
  3. Tol Palimanan - Kanci sepanjang 26 Km
  4. Tol Kanci - Pejagan sepanjang 35 Km
  5. Tol Pejagan - Pemalang (baru sampai Brebes Timur) sepanjang 20 Km
Perjalanan dari Jakarta hingga Brebes Timur mencapai kurang lebih 270 Km dapat ditempuh sekitar empat jam. Biaya normal yang perlu dipersiapkan pemudik untuk jalur tol di atas khususnya kendaraan Golongan I (Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, dan Bus) :


Tarif Tol Integrasi

Guna memperlancar arus lalu lintas terutama untuk mengurangi antrean kendaraan yang kerap terjadi di gerbang tol, pemerintah memberlakukan sistem integrasi pemabayaran tol. Proses integrasi diharapkan mampu mengurai antrean kendaraan secara optimal karena dengan adanya integrasi tersebut, para pengendara yang asal dan tujuan perjalanannya meneruskan ke arah timur, hanya perlu melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol tujuan sehingga tidak perlu lagi bertransaksi di Gerbang Tol Cikopo, Gerbang Tol Plumbon dan Gerbang Tol Ciperna.

Integrasi sistem pembayaran jalan tol itu dibagi menjadi 2 cluster yaitu
  1. Cluster I meliputi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Cipularang, Jalan Tol Padaleunyi serta Jalan Tol Cikopo-Palimanan.
  2. Cluster II meliputi Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Kanci-Pejagan, dan Jalan Tol Pejagan-Pemalang (sampai Brebes Timur).
Tarif integrasi yang berlaku ini tetap sama untuk mencapai Brebes Timur, mekanismenya sebagai berikut:
Pengguna mengambil tiket tol di GT Cikarang Utama, lalu berhenti di GT Palimanan untuk membayar tarif tol Cluster I Jakarta-Cikopo-Palimanan senilai Rp 111.000 (Gol-1 Rp 15.000 + Rp 96.000) sekaligus mengambil tiket Cluster 2, dan berhenti GT Brebes Timur untuk membayar tarif tol Cluster 2 Palimanan-Kanci-Pejagan-Brebes Timur senilai Rp 55.500.
Jadi total tarif yang harus dibayar pengguna untuk melintasi Jakarta-Brebes Timur sebesar Rp 166.500.

Untuk jalur balik atau menuju Jakarta pengguna jalan mengambil tiket Ruas Cluster II pada gardu masuk Ruas Palimanan – Brebes Timur kemudian menyerahkan KTME sekaligus membayar tarif tol Ruas Cluster II sesuai asal tujuan (Sistem Transaksi Tertutup) pada gardu keluar GT Palimanan. Selanjutnya pengguna jalan mengambil tiket untuk ruas Cluster I dan melakukan transaksi di gardu keluar ruas Jakarta-Cikampek.

Metode pembayaran dapat menggunakan uang tunai atau melalui Gardu Tol Otamtis (GTO). Kartu pembayaran elektronik dari 4 bank yaitu E-Flazz BCA, BNI, BRI dan Mandiri dapat digunakan untuk pembayaran tol di Cluster I. Sementara di Cluster 2, dapat menggunakan kartu pembayaran elektronik 3 bank (BNI, BRI dan Mandiri) sedangkan Kartu E-Flazz BCA baru bisa digunakan setelah Lebaran.